Dismenorea

Dismenorea merupakan rasa sakit akibat menstruasi yang sangat menyiksa karena nyerinya luar biasa menyakitkan. Jika terjadi pada wanita bekerja, tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu aktivitas dan produktivitasnya. terbagi menjadi dua, yaitu primer dan sekunder.

primer terjadi dua hari sebelum menstruasi tiba dan biasanya hilang setelah memasuki masa menstruasi. Sekitar 10% penderita primertidakdapatmengikuti kegiatan sehari-hari. sekunder hampir mirip dengan primer, tetapi akibatnya lebih parah dan biasanya lebih lama daripada primer.

Tanda-Tanda
Kram perut bagian bawah yang menjalar ke punggung atau kaki. Biasanya disertai gejala gastrointestinal dan gejala neurologis, seperti emosi yang labil.


Penyebab
Adanya hiperaktivitas dari uterus, endotelin, prostaglandin, vasopressin, dan kerusakan saraf perifer.Memiliki penyakit radang panggul, pemasangan IUD, tumor pada tuba fallopii, usus, atau vesika urinaria, polip uteri, dan inflammatory bowel desease.Bekas luka karena pernah melakukan operasi pada organ reproduksi sebelumnya.
Pencegahan
Mungkin sulit untuk dicegah, tetapi untuk gejala yang sangat parah dapat dikurangi dengan cara meminum obat pereda rasa sakit.
Beristirahat, menarik napas panjang, menenangkan diri, berolahraga ringan, mengonsumsi sayur, dan buah-buahan.Mengompres bagian yang terasa sakit dengan air panas.
Mengonsumsi jamu kunyit asem, terutama menjelang haid.
Adapun obat herbal untuk mengurangi gejala menurut Hembing dalam buku yang ditulisnya adalah 30 gram temu lawak (diiris-iris) +15 gram bunga mawar merah +15 gram daun dewa +10 gram umbi teki kering, semua dicuci bersih dan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.